Total Tayangan Halaman

26/12/11

DEFINISI DAN PENGERTIAN INFLASI

Inflasi adalah kenaikan harga barang-barang yang bersifat umum secara terus menerus. Dari definisi ini, ada tiga komponen yang harus dipenuhi agar dapat dikatakan terjadi inflasi:
·           Kenaikan harga
·           Bersifat Umum
·           Berlangsung terus menerus

1)        Kenaikan Harga
Harga suatu komoditas dikatakan naik jika melebihi harga periode sebelumnya. Misal harga sabun mandi per unit kemarin adalah Rp. 1000,00. Hari ini menjadi Rp. 1100,00. Dapat dikatakan telah terjadi kenaikan harga sabun. Perbandingan tingkat harga bisa dilakukan dengan jarak waktu yang lebih panjang: seminngu, sebulan, setahun, dsb.

2)        Bersifat umum
Kenaikan harga suatu komoditas belum dapat dikatakan inflasi jika kenaikan tersebut tidak menyebabkan harga-harga secara umum naik.
Harga buah mangga di jakarta, jika belum musimnya dapat mencapai Rp. 10.000,00 per kilogram. Tetapi jika sudah musimnya, dapat dibeli sekitar Rp. 4.000,00 – RP. 5.000,00 per kilogram. Jadi harga mangga per periode tertentu akan mengalami kenaikan dua sampai tiga kali lipat. Tetapi kenaikan mangga yang tajam tersebut tidak menimbulkan inflasi dikarenakan harga komoditas-komoditas lain tidak naik. Mangga bukanlah kebutuhan pokok, sehingga tidak memiliki dampak besar terhadap stabilitas harga.
Ceritanya akan menjadi lain jika yang naik adalah harga bahan bakar minyak (BBM). Setiap pemerintah menaikan harga BBM, harga komoditas lain turut naik. Jika harga BBM naik, maka harga mangga di jakarta pasti naik. Sebab, biaya transportasinya naik. Mengapa biaya transportasi naik? BBM adalah input paling penting untuk dapat membuat roda-roda mobil angkutan umum dan mobil pribadi dapat berputar. Karenanya, kenaikan harga BBM menyebabkan biaya operasional transportasi menjadi naik.
Kenaiakan harga BBM juga membuat harga jual produk-produk industri, khusunya kebutuhan pokok, merambat naik. Sebab biaya operasional untuk menjalankan mesin-mesin pabrik menjadi lebih mahal. Bahkan kenaikan harga BBM mengundah kaum buruh menuntut kenaikan upah harian, untuk memelihara daya beli mereka.

3)        Berlangsung terus menerus
Kenaikan harga yang bersifat umum juga belum akan memunculkan inflasi jika terjadinya hanya sementara. Karena itu perhitungan inflasi dilakukan dalam rentang waktu minimal satu bulan. Sebab dalam sebulan akan terlihat apakah kenaikan harga bersifat umum dan terus menerus.

1 komentar:

ozuraaaaa mengatakan...

follback ya.....